09/06/14

Nostalgia.

Emang rasanya gak ada hal yang lebih nyenengin selain nostalgia. Asal jangan sampe kaya Raisa yang terjebak nostalgia. Kali ini gue mau membicarakan tentang masa kecil. Buat kalian yang masih kecil dan sedang membaca ini sungguh malang nasibmu karena tidak merasakan hal-hal yang akan gue jabarkan dibawah ini.

Masa kecil tentu identik dengan yang namanya permainan. Entah siapa pelopor mainan anak-anak jaman dahulu tapi siapapun dia harus kita beri penghargaan karena berkat beliau kehidupan anak-anak sangatlah menyenangkan.
Untuk orang-orang yang sudah besar atau dewasa tentulah suatu kebahagiaan tertentu ketika mereka me-review beberapa tahun atau bisa jadi puluhan tahun saat diri mereka masih kanak-kanak. Karena apa yang dilakukan saat masih kanak-kanak sudah tidak dilakukan lagi saat ini dan memang sudah tidak pantas untuk dilakukan.

Oke kita mulai dari permainan terlebih dahulu.


  1. Petak Umpet

          Anak kecil dari sudut dunia manapun (perasaan dunia gak bersudut) pasti tau permainan ini. Mungkin beberapa tahun kedepan sekitar 2020an banyak anak kecil yang mulai gak tau permainan ini. Petak umpet adalah permainan yang bisa dibilang susah susah gampang. Gampangnya kita tinggal ngumpet. Susahnya kita harus pinter cari tempat persembunyian supaya gak ketahuan sama yang jaga.

Udah belom?

Kalo diluar negeri Petak Umpet disebut juga 'Hide and Seek' cara mainnya juga sama. Kalo buat gue sendiri permainannya pertama kita gambreng (semakin banyak yang ikut semakin bagus) yang keluar paling terakhir yang jaga. Sisanya cari tempat persembunyian. Yang jaga bakalan keliling nyari kita. Biasanya sih gue sama temen2 suka pake syarat ngumpetnya gak boleh di dalem rumah soalnya kan gak enak masuk-masuk rumah orang. Nah ntar yang jaga nyari kalo dia ngeliat temennya dia buru-buru nepok tembok/pohon/tiang yang tadi dipake buat tempat dia ngitung. Sambil bilang "Inglo" Kalo gak bilang yang ketauan suka cari alibi kalo itu gak sah. Biasalah anak-anak gak mau kalah. Pokoknya begitu nah ntar yang gak ketauan bisa buru-buru lari ke tembok/pohon/tiang tadi menandakan bahwa dia aman ntarnya pas udah selesai semua yang gak ketangkep ini gak ikut baris. Bingung? yaudah baca aja terus. 

2. Petak Jongkok

    Ini juga mainan paling umum. Tapi sesungguhnya gue sama temen-temen kurang begitu sering main ini karena permainannya terlalu sederhana dan gak jelas gimana endingnya. Pokoknya cuma jongkok ntar gantian yang ngejar sama yang dikejar. pokoknya gitugitu aja. Mainannya itu minimal 4 orang lah, kalo ber2 terlalu sepi. Sendiri apalagi. Susah ya jones sampe main petak jongkok aja gak ada yang nemenin. Oke lanjut. Permainannya mereka gambreng ntar yang kalah yang jadi pihak ngejar yang menang yang dikejar. Mulailah mereka kejar-kejar menghindar jangan sampe kena karena kalo kena berarti kalah. Nah yang dikejar ini bisa jongkok kalo posisinya membahayakan tapi gak boleh semua tim jongkok jadi harus ada salah seorang yang tetep berdiri supaya membangunkan temennya, ntar temennya dicolek supaya berdiri. Gitu terus pokoknya. Tapi tetep permainan ini seru dan butuh kerja sama tim.


3. Benteng

    Permainan lainnya yang membutuhkan banyak energi, kerja sama tim, dan kegesitan. Mainan ini paling seru dimainin banyak orang. Permainan ini tim melawan tim. tim yang jaga harus jaga bentengnya supaya gak dimasukin pemain lawan nah pemain lawan ini harus gesit karena mereka pasti bakal dikejar sebelum berhasil masuk benteng. Gue sebenernya lupa-lupa inget. yang gue inget sih ntar tim jaga ngejar tim lawan. tim lawan harus berhasil masuk benteng. kalo tim jaga berhasil ngenain tim lawan maka tim tersebut gak boleh ikut lari semacem jadi tawanan gitu. nah sisanya ngejar yang lain. duhh lupa gue gimana pokoknya penuh kejar-kejaran deh. Bisa sampe ada yang jatoh sanking semangatnya lari supaya gak kecolek. Maklum ya terakhir main ini pas sd jadi lupa ._.v


4. Galasin

Ini sama nih butuh kegesitan. Emang kayanya permainan anak-anak dulu mah membutuhkan keringet. Gue dulu sering diledekin keluarga gue bau matahari karena maennya diterik panas matahari. Tapi jaman dulu mah mana mikirin bakal item. Bakalan gak ada cowok yang naksir soalnya cowok-cowok maunya sama yang bening sanking beningnya sampe aliran darahnya keliatan. Nah permainan ini juga dilakukan ber-tim. Jadi ada tim yang jaga dan yang harus berhasil lewatin penjagaan dari tim jaga. Permainannya bisa dilakukan 10 orang (atau lebih) dibagi 2 tim. Tim yang jaga membentuk posisi. Penjaga depan. penjaga tengah. penjaga vertikal. penjaga belakang.


Nah liat gambar. udah dapet bayangannya kan? kalo yang pernah main mah baru liat judul Galasin aja udah tau yang gimana. Buat yang belum tau perhatikan gambar dengan seksama. Pihak yang berhasil menang gambreng harus berhasil melewati penjaga dari garis awal ke akhir atau depan ke belakang. tapi gak semudah itu kita gak boleh tersentuh. karena pejaganya akan menghalang-halangi kita. jadi disini yang sangat dibutuhkan adalah kegesitan dan konsentrasi. karena sedikit saja lengah lawan bisa berhasil lewat. Nah kalo semua tim lawan berhasil melewati penjaga berarti tim tersebut menang dan biasanya yang jaga tetep sama sampe tim lawan kalah. 

5. Batu Tujuh

    Nama buat permainan ini kayanya macem-macem deh tapi dilingkungan gue dikenal dengan sebutan Batu Tujuh. Permainannya simpel. buat 2 tim (lagi-lagi tim) satu sebagai tim pengejar satu sebagai tim yang dikejar. nah yang dikejar ini sebelumnya bakalan ngelempar tumpukan batu yang disusun 
sampai berantakan. tugas mereka adalah untuk berhasil menyusun ulang kembali susunan batunya tanpa terkena lawan. Biasanya dipermainan ini ada pemain yang dijadikan umpan supaya lawan mengejarnya dan pemain lain yang disuruh untuk numpuk batu-batu tersebut. Gue suka nih permainan ini seru aja bikin deg-degan pas lagi nyusun batu ternyata musuh dibelakang kita dan kita bakalan langsung lari buru-buru ke benteng supaya aman. 

6. Taplak Gunung

    Nah permainan ini juga macem-macem juga namanya. kalo ini gak harus bertim. atau butuh kegesitan. cuma perlu kekuatan loncat aja. jangan sampe nginjek garis atau nginjek kolom yang ada batu kitanya. 

dulu gue dan temen-temen sampe punya batu andelan gitu karena gak sembarang batu bisa dimainin biasanya batu yang rada tipis gitu. Permainannya gampang. pertama kita taro semua batu kita dan lawan di kotak nomor 1. kita loncat sampe ke kotak nomor 9 tanpa boleh nginjek kotak nomor 1 (jadi langsung nginjek nomor 2) sampe di kotak nomor 9 kita balik badan dan berhenti dikotak nomor 2 untuk ngambil batu kita di kotak nomor 1. ngambilnya pake kaki satu ya soalnya kan berdirinya di kotak single kecuali kotak 4&5 sama 8&9 kita bisa napak dua kaki dikotak tersebut karena kotak mereka berdampingan. setelah batu diambil kita lempar ke kotak nomor 2 dan jalan seperti sebelumnya. begitu terus sampe kita kena garis atau selesai di kotak nomor 9 maka langkah selanjutnya adalah lempar bintang. jadi kita jongkok didekat kotak nomor 1 menghadap kebelakang dan ngelempar batu kita. tempat batu kita mendarap jadi punya kita ditandai dengan bintang. dan pemain lawan yang nginjek kotak ini berarti kalah.

7. Lompat Karet



    Lompat karet sebenernya permainan khusus cewek-cewek. entah kenapa cowok-cowok yang fisiknya lebih kuat dan kakinya juga lebih kuat malah kebanyakan gak bisa. cowok-cowok yang ikutan maen juga paling karena terpaksa aja sih biasanya. ini mah tau ya dari judulnya aja jelas. ada 2 orang yang jaga, pemain yang lain harus lompat. permainan lompat tali ada tingkatannya. pertama ipis. posisi paling pendek. pemain yang lompat gak boleh kena karetnya kalo kena berarti dia gantian jaga. kedua pinggang. tahap ini juga gak boleh kena tali. tahap 3 dada. yang ini lompat biasa ngelewatin karet tapi jangan sampe kesangkut. selanjutnya dada atas. kuping. kepala. merdeka. Posisi merdeka itu dimana posisi tangan kita lurus keatas. biasanya posisi ini jarang ada yang berhasil kalo langsung loncat. jadi ada pilihan. Injek bumi, koprol, atau jbl (jajal boleh lagi) gak tau ya itu dapet insprasi darimana. nah setelah merdeka balik lagi ke dada tapi bedanya disini kita loncatnya sampe kayanya sih 5-1 apa ya lupa -_- kakinya dibelakang gitu kaya lompat biasa. lompat bagian ini disebut gogo. selanjutnya kalo kita berhasil lanjut ke tahap terakhir yaitu pinggang. tapi kita gak loncat biasa. kaki kita posisinya ada didepan (agak sulit dijelaskan) pokoknya gitu deh hehe.

8. Kelereng

   Kalo ini mainannya cowok-cowok.  pokoknya ntar kita nyentil kelereng lawan yang dikumpulin dilingkaran ntar di sentil sampe pada bubaran gitu nah ntar disentil lah pokoknya gitu. sumpah gue gak paham gak suka ikutan maen soalnya -_-v
Ayo sentil.......

9. Layangan

    Sebenernya permainan ini masih aktif sih menurut gue tapi gapapa lah ini kan masuknya permainan anak-anak juga masuknya. Nah yaudah pokoknya mah ntar layangannya diterbangin gitu. setinggi mungkin. tergantung angin sih. nah ada juga yang maen cuma buat maen aja tapi ada juga yang buat ngadu. ntar mereka ngadu benang gitu pas layangannya udah sama-sama diatas. Yang benang gelasannya bagus sih pasti menang dan bikin layangan lawannya telap. nah kalo udah begini anak-anak cowok yang lain ngejar-ngejar bisa sampe jauh cuma buat dapetin layangan. padahal sebenernya beli juga murah. cuma mungkin tantangan buat siapa cepat dapetinnya itu sih ya yang disuka. 
Model-model layangan yang paling standar.

10. Gambaran

      gak semua anak-anak pernah main ini sih tapi ini juga salah satu permainan yang paling gue suka. Jadi permainan ini itu mirip-mirip sama kaya main kartu remi yang potong roti itu. jadi nanti ada bandar dan pemain. Bandar ini tentu harus yang gambarannya banyak karena dia yang nanti bayarin kartu (pake gambaran lagi ya bukan uang) ke pemain yang menang. Mainannya bandar naro kartu sesuai yang ikut. contoh 5 orang. Nah kartu yang ditutup dijajarin sebanyak 5 kartu. pemain harus masang (minimal 2 gambaran) ke kartu yang dijajarin ini. semakin banyak gambaran yang dipake buat masang semakin bagus tapi bisa juga bersiko. Semuanya bebas milih dimana. Bandar punya 1 kartu nah satu kartu inilah yang menentukan siapa yang menang dan kalah. Bandar atau pemasang. Bandar buka kartunya kalo kartu bandar 0 maka semua pemain bernafas lega. kecuali yang dapet angka 0 juga. tapi kalo angka bandar tinggi pemasang bakalan deg2an apalagi yang masang banyak. jadi misal kartu bandar angkanya 7. pemasang yang masang kartu yang ditutup tadi yang setelah dibuka nilainya dibawah 7 maka gambaran tersebut jadi hak milik bandar. buat yang diatas 7 maka bandar harus bayar kartu dia 2 kali lipat dari yang dipasang. Gitu. Mainan ini sih biasanya pas bulan puasa gitu soalnya gak butuh energi, gak akan sampe keringetan dan kehausan cuma butuh feeling yang kuat aja.


Sebenernya banyak bangeeett permainan yang mau gue jabarkan. tapi segini aja dulu. Postingan ini gak berakhir disini gue akan bikin part 2nya buat makanan/acara tv jaman dulu. kita bernostalgia dulu aja :D

Gimana adek-adek? udah merasa iri gak sama anak-anak kecil jaman dahulu? kita mungkin dulu gaptek (gagap teknologi) tapi setidaknya permainan kita mendidik untuk bekerja sama, untuk berfikir secara strategis, melatih tubuh juga. Anak sekarang jarang ada yang keluar rumah. kalopun keluar rumah juga karena mau ke warnet main game online. Permainan yang gue jabarkan tadi sangat indah dikenang daripada permainan kalian sekarang. 

Mungkin anak-anak jaman dahulu gagap teknologi tapi setidaknya kami tidak gagap sosial.

Sampai bertemu di Nostalgia Part 2..:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar