10/06/14

Nostalgia Part 2

Postingan sebelumnya gue sudah membahas tentang permainan hits anak-anak kecil jaman dahulu sebelum era digital. Sekarang gue akan membahas serba-serbi dari mainan sampe makanan yang eksis di tahun 90an sampe mungkin sekitar 2006/07 sebelum teknologi menyebar luas seperti sekarang ini. Tapi mungkin yang akan gue paparkan hal-hal yang gue tau aja ya karena kan gue lahir tahun 96 jadi gue gak tau banyak hal tentang awal tahun 90an. So let's begin.



1. GameBoy


Entah sekarang permainan ini masih dijual atau engga tapi ini eksis banget pas gue masih kecil. Gak ada tuh istilah main games di iPad atau PSP main tuh ya ini Gameboy!

2. Tamagotchi


Tamagotchi sama terkenalnya kaya gameboy bedanya tamagotchi cuma ada 1 permainan. Kita harus merawat binatang gitu semacem kaya pou kalo buat anak jaman sekarang. Cuma kalo pou gak bisa mati kalo ini bisa mati. Pokoknya Pou lewat deh.

3.  Tamiya

Kalo ini mainannya anak cowok. Cewek juga bisa mainin kok. Ntar suka ada yang jual casingnya gitu biar bisa ganti-ganti model ada yang jual bannya juga biar bisa ganti-ganti. Dulu selain beli langsung ke tokonya, kita juga bisa dapetin Tamiya secara gampang cuma tinggal beli kertas trus ntar kita warnain dan ntar dinilai sama abang yang jualannya (di tempat kita beli kertas tadi) nah kalo warnainnya bagus dan gak keluar garis trus nilainya tinggi bisa nih kita dapet tamiya. Tapi jarang soalnya abangnya suka pelit nilai

4. Kamera Slide


Dulu tuh kita dibeliin gini aja bisa girang banget gak kaya anak sekarang mintanya kamera DSLR atau gak Polaroid.Kamera ini emang gak bisa moto. cuma bisa liat gambar yang ada di kertas film yang dijual barengan sama kameranya. Ntar kertasnya itu kita masukin ditengah-tengah lubang kamera trus ntar di kameranya ada tombol gitu buat muter kertasnya untuk ganti ke gambar selanjutnya. Dan segitu aja kita udah seneng bahkan sampe berebut buat minjem. Betapa sederhananya anak kecil 90an.

5. Bekel


Kalo ini mainannya anak cewek. Kalo gue sih biasanya paling sering mainin ini pas bulan puasa. Sekarang entah deh masih ada atau engga permainannya.

6. Bongkar Pasang

Ini juga mainannya anak cewek. Jadi nanti baju-baju itu kita gunting (biasanya sih udah ada pola guntingannya jadi tinggal dirobek) ntar bajunya kita pasang ke orang-orangan itu trus ntar main deh. Semacem main barbie tapi versi kertas.

7. Tazos


Kalo ini paling sering dimainin sama anak cowok. Dapetinnya gampang kok tinggal beli ciki aja ntar juga dapet nah semakin banyak tazos yang kita punya semakin bangga rasanya.

8. Balon Tiup


Kalo ini permainan umum cewek/cowok bisa mainin wong tinggal ditiup kok. nah tapi pas kita beli itu kita bebas ngambil balonnya yang mana trus biasanya dibelakang balon itu ada angka ntar angka ini yang nentuin kita dapet apa. Biasanya sih cuma makanan kecil gitu, permen atau ciki.

9. Anakmas


Anakmas ini adalah makanan ringan dalam bentuk mie yang tapi bisa langsung dimakan tanpa harus dimasak dulu. ada juga namanya Mie gemez. Setipe dia sama Anakmas. Kayanya sih makanan ini masih ada cuma bukan Anakmas/Mie gemez lagi. 

10. Magic Pop


Permen ini bukan kaya permen biasa tapi permen ini kalo pas dimakan jadi kaya meledak-ledak gitu di mulut. Geli-geli gimana gitu dehh. 

11. Yosan


Sebenernya Yosan itu cuma permen karet biasa yang bikin spesial itu karena di kertas Yosan nanti kita dapet tulisan gitu. Jadi nanti kita harus ngumpulin kata-kata itu jadi Y-O-S-A-N. Nah tapi sayangnya masalah gak sesimple itu. ada satu huruf yang susah banget didapetin. Jadi kayanya sih belom pernah ada yang dapet huruf komplit deh.

12. Binder



Ini kesukaannya cewek-cewek nih. Kita beli binder gitu trus ntar beli kertas filenya yang gambarnya unik-unik. Ntar tukeran kertas file gitu sama temen. trus biasanya suka dipake buat nulis biodata temen-temen di rumah atau di sekolah. (Gue masih punya loh binder unyu-unyu gini haha)

13. Kacamata 3D 


Jadi waktu itukan sempet heboh tontonan 3D gitu kan nah ada aja lagi perusahaan yang berusaha untuk nyenengin anak-anak. Padahal boro-boro bikin tontonan jadi tampilannya 3D yang ada malah bikin layar biru-merah doang. 

14. Kaset


Dulu tuh CD/DVD gak merajalela kaya sekarang. Dulu tuh lagu-lagu dikemas dalam kaset ini. Trus diputernya di tape. Ntar kalo kasetnya kusut dibenerin pake pulpen/pensil gitu. Anak sekarang ngeliat benda ini mah langka banget kali ya.

15. Doraemon

Doraemon sih sebenernya masih ada sampe sekarang karena RCTI masih nayangin. Tapi kartun ini ada udah dari lama banget. Kalo gak salah dari tahun 1984. Gila bahkan gue aja belom lahir. Gue rasa ini kartun paling long last dari semua kartun yang pernah di Indonesia.

16. Power Rangers


Mereka itu Heronya anak-anak 90an. Kalo anak 2000an punya Captain America, Iron Man, Spider-Man kita punya Power rangers! Mereka pahlawan berkelompok yang akan datang saat ada seseorang yang dijahati. Trus kita punya Power Rangers kesukaan. Kalo anak cowok biasanya suka sama yang merah karena si merah ini leadernya gitu. Nah kalo anak cewek demennya sama yang pink. Dan gue juga termasuk yang suka sama Rangers Pink...

17. Dragon Ball 


Dulu Dragon Ball itu ditayangin di Indosiar. Sekarang sih udah gak ada lagi. Ini film kesukaannya cowok-cowok. Gue sih gak ngikutin cuma tau aja. Abang gue yang ngefans banget sama kartun ini. Sampe gue sama dia sering berebut remot soalnya gue mau nonton kartun lain tapi abang gue mau nonton ini.

18. Power-Puff Girls


Nah ini tontonan anak cewek. Mereka ber3 ini kaya superhero juga karena punya kemampuan-kemampuan gitu. Dan masing-masing orang punya kemampuan khasnya masing-masing.

19. Sailor Moon


Kartun Jepang emang kayanya banyak beredar di Indonesia termasuk satu ini. Cuma gue juga sebenernya hampir gak pernah ngikutin kartun yang satu ini. Kayanya sih yang nonton ini pasti rata-rata cewek kalo cowok paling demen ngeliat cewek-ceweknya soalnya pada pake rok pendek lumayan lah cuci mata.

20. Hachi Bee



Kayanya Hachi ini masuk ke kartun yang paling sedih ya. Hachi Bee ini adalah seekor lebah yang sebatang kara dan berusaha menemukan ibunya. Hachi ini banyak melewati macam penderitaan. Tapi dia adalah lebah yang baik sehingga meski kesusahan selalu ada binatang lain yang membantunya. Anak sembilan puluhan pasti tau banget sama penggalan lagunya "Mamah...Mamah dimanakah kau berada? Hachi anak yang sebatang kara pergi mencari ibunya. Di malam yang sangat dingin teringat Mamah....." (udah jangan keterusan nyanyinya). Pas udah ketemu ibunya ternyata ibu Hachi adalah seekor ratu lebah yang kaya. Habis gelap terbitlah terang banget ya nasib Hachi.

21.  Sesame Street

Kalo ini kartun yang datengnya dari barat bukan dari Jepang. Gue lupa sih ini ceritanya gimana dan yang gue tau juga yang namanya Elmo doang (gagal jadi anak 90an)

22. Teletubbies


Ini juga tontonan favorit anak-anak jaman dulu. Siapa yang gak kenal coba sama 4 sekawan ini? yaa kecuali sih anak-anak sekarang. Tinky Winky, Dipsi, Lala, Po. Mereka sangat menghiasi masa kecil gue dengan kehidupan mereka yang penuh warna.

23. Telenovela 






Telenovela juga eksis di tahun 90an sampe 2000an awal. Film ini kayanya sih antara dari meksiko, Spanyol pokoknya negara latin gitulah gue juga kurang tau asal muasal mereka. Dan nonton pun paling karena ikutan kakak gue yang lagi nonton

24. Acara TV lokal







Ini cuma gue ambil beberapa contoh aja ya sebenernya mah banyak bangeet. Belom lagi film bergenre horrornya Susana. Anak-anak 90an keatas sih tau ya sama film-film ini

25. Boboho 


Mungkin misalnya ada anak gede yang ngeledekin anak kecil yang gendut trus pipinya tembem dengan sebutan Boboho anak itu bakalan mikir keras siapa Boboho. Tapi anak kecil satu ini sangat terkenal untuk anak 90an. Film-filmnya dia selalu lucu dan jadi hiburan buat siapapun yang nonton. Film ini masih suka diputer di saat-saat tertentu. Kaya pas Imlek. Tapi gak sesering dulu yang hampir tiap minggu ada.


Sesungguhnya terlalu banyak kalo gue mesti memaparkan semua hal-hal yang eksis di 90an tapi gue rasa 2 postingan gue cukup untuk melepas rasa rindu akan kenangan masa kecil. 
Mungkin generasi sekarang dipenuhi dengan kecanggihan teknologi. Tapi gue pernah baca bahwa katanya generasi 90an itu generasi terbaik sepanjang sejarah. Jadi kita harus bangga jadi anak 90an!

Peace, Love, and Proud to be 90's.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar