11/10/12

Kumpulan Renungan (credit: terselubung.blogspot.com)

RENUNGAN 1
Sebelum sang ayah menghembuskan nafas terakhir, dia memberi pesan kpd ke dua anaknya : 
"Anakku, dua pesan penting yg ingin ayah sampaikan kpd mu utk keberhasilan hidupmu" 

"Pertama : jangan pernah menagih piutang kpd siapapun" 
"Kedua : jangan pernah tubuhmu terkena terik matahari secara lgsg" 

.....5 thn berlalu sang ibu menengok anak sulungnya dgn kondisi bisnisnya yg sangat memprihatinkan, ibu pun bertanya "Wahai anak sulungku kenapa kondisi bisnismu demikian..:( .?" 

Si sulung menjawab : "Saya mengikuti pesan ayah bu... Saya di larang menagih piutang ke siapa pun sehingga banyak piutang yg tdk di bayar dan lama² habislah modal saya, pesan yg kedua ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsung dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taxi...:)" 

Kemudian sang ibu pergi ke tempat si bungsu yg keadaannya berbeda jauh. Si bungsu sukses menjalankan bisnisnya. 
Sang ibu pun bertanya "Wahai anak bungsuku kenapa hidupmu sedemikian beruntung...?" 

Si bungsu menjawab : "Ini krn saya mengikuti pesan ayah bu.. Pesan yg pertama saya dilarang menagih piutang kpd siapapun. Oleh karena itu saya tdk pernah memberikan utang kpd siapapun sehingga modal saya tetap utuh.. :)" 
"Pesan kedua saya dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka dgn motor yg saya punya saya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam, shgga para pelanggan tahu toko saya buka lbh pagi dan tutup lebih sore..(*) " 
Note : Si Sulung dan Si Bungsu menerima pesan yg SAMA, namun masing² memiliki penafsiran dan sudut pandang atau MINDSET berbeda. Mereka MELAKUKAN cara yg berbeda sehingga mendapatkan HASIL yg berbeda pula. 

Hati² lah dgn Mindset kita.. 
Mindset positif memberi hasil menakjubkan, sebaliknya mindset negatif memberikan hasil menghancurkan.. 


RENUNGAN 2

Ada sepasang suami isteri, dimana sang isteri adalah wanita yang sangat amat cantik tanpa cacat sedikit pun. Si suami begitu sangat mencintai sang isteri, begitu juga isterinya. 

Di hari² itu, sedang maraknya tersebar 
penyakit kulit Чªήğ akibatnya merusak 
keindahan kulit & sang isteri merasa dirinya tertular. Wajahnya pun mulai hancur digerogoti penyakit tsb. 

Pada saat itu sang suami sedang berada di luar & belum mengetahui bahwa isterinya terserang penyakit kulit tsb. 

Dalam perjalanan pulang, sang suami mengalami kecelakaan yang akibatnya 
suaminya menjadi buta. Dari hari ke hari.... Sang isteri yang pada mulanya bidadari berubah menjadi wanita yang ama jelek & menyeramkan namun sang suami tak bisa melihat & kehidupan mereka pun berjalan seperti biasa, penuh kasih sayang & cinta seperti awal 
mereka menikah. 

Βerjalan 40 thn, sang isteri meninggal, sang suami sangat bersedih & merasa 
kehilangan sekali. 
Setelah pemakaman, sang suami adalah orang terakhir yang keluar dari pemakaman sang isteri. 

Ketika berjalan, datanglah seorang menyapa, "Pak, bpk mau kemana???" 
Jawab sang suami, "Saya mau pulang" 

Мendengar jawaban tsb, orang tsb bersedih dg keadaan sang suami yang 
buta & hidup sendiri. Lalu orang tersebut 
berkata, "Bukankah bapak buta & selalu bergandengan dengan sang isteri? Gimana 
sekarang bapak mau pulang sendiri?" 

Jawab sang suami, "Sebenarnya saya tidak buta, selama 40 thn saya hanya berpura² buta agar isteri saya tidak minder atau rendah diri, walau saya mengetahui bahwa dia sakit & wajahnya berubah menjadi menakutkan" 


RENUNGAN 3

Al Khawarizmi, seorang ahli Matematik Muslim ditanya tentang wanita terbaik.. 

Dia menjawab : 
Jika wanita solehah dan beragama = 1 

Jika dia cantik, tambah 0 dibelakang 1 = 10 

Jika dia kaya, tambah lagi 0 = 100 

Dan jika dia dari keluarga baik2, tambah lagi 0 = 1000 

Tetapi jika yang '1' tiada… 
Maka, tiada apa yang tersisa pada wanita tersebut kecuali sekelompok '0'


RENUNGAN 4 

Ada seorg petani miskin memiliki seekor kuda putih yg sangat cantik & gagah. 
Suatu hari, seorg saudagar kaya ingin membeli kuda itu & menawarkan harga yg sangat tinggi. Sayang si petani miskin itu tidak menjualnya. Teman-2 nya menyayangkan & mengejek dia karna tdk menjual kudanya itu. 

Keesokan hari nya, kuda itu hilang dr kandangnya. Maka teman-2 nya berkata : sungguh jelek nasibmu, padahal klo kemarin di jual kamu kaya, skrg kudamu sdh hilang. Si petani miskin hanya diam saja. 

Beberapa hari kemudian, kuda si petani kembali bersama 5 ekor kuda lainnya. Lalu teman-2 nya berkata : wah beruntung sekali nasibmu, ternyata kudamu membawa keberuntungan. Si petani hanya diam saja. 

Beberapa hari kemudian, anak si petani yg sedang melatih kuda-2 baru mereka terjatuh dan kakinya patah. Teman-2 nya berkata : rupanya kuda-2 itu membawa sial, lihat skrg anakmu kakinya patah. Si petani tetap diam tanpa komentar. 

Seminggu kemudian terjadi peperangan di wilayah itu, semua anak muda di desa dipaksa utk berperang, kecuali si anak petani karna tdk bisa berjalan. Teman-2 nya mendatangi si petani sambil menangis : beruntung sekali nasibmu karna anakmu tdk ikut berperang, kami hrs kehilangan anak-2 kami. 

Si petani kemudian berkomentar : Janganlah terlalu cepat membuat kesimpulan dgn mengatakan nasib baik atau jelek, semuanya adalah suatu rangkaian proses. Syukuri & terima keadaan yg terjadi saat ini, apa yg kelihatan baik hari ini belum tentu baik utk hari esok. Apa yg buruk hari ini belum tentu buruk utk hari esok. 
Tetapi yg PASTI : Tuhan paling tahu yg terbaik buat kita.. Bagian kita adalah : 
"Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Tuhan di dalam hidup kita" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar